Tahanan WNA Jepang Tewas di Sel

Kompas.com
Jumat, 19 Desember 2008 | 13:33 WIB

JAKARTA, JUMAT — Seorang tahanan warga negara Jepang bernama Ichikawa Katsuwo (78) ditemukan tewas di salah satu sel Blok B Rumah Karantina (Detensi) warga negara asing yang berlokasi di Jalan Peta Selatan, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (18/12) pukul 22.00.

Menurut keterangan Michael, tahanan asal Liberia yang telah mendekam lima bulan di lokasi, korban diketahui tewas karena sakit.

Katsuwo sendiri baru mendekam di sel karantina sejak tiga hari karena dititipkan pihak imigrasi Depok. “Dia memang sakit karena usianya yang sudah lanjut,” ujar Michael seperti dilaporkan kantor berita ANTARA.

Sementara itu, Rahmat, Kasubsi Pengawasan Imigrasi Depok, yang dihubungi oleh wartawan pagi ini mengatakan, permasalahan keimigrasian korban sebenarnya telah diurus oleh pihak Kedutaan Jepang. “Rencananya malam ini dia akan dideportasi oleh pihak Kedutaan Jepang ke negara asalnya,” kata Rahmat.

Disinggung mengenai permasalahan pengurusan jenazah korban, Rahmat mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diterimanya dari pihak Kedutaan, jenazah Katsuwo rencananya akan dikremasi di wilayah Dadap, Tangerang.  “Sebagian abunya akan dibuang ke laut, sedangkan sisanya dimasukkan ke dalam guci dan dibawa ke tanah kelahirannya di Nagano, Jepang,” ujarnya.

Katsuwo tiba di Indonesia pada September 2006 dan mendapat izin visa traveling selama sebulan. Kedatangan Katsuwo sendiri karena dirinya beralasan hendak menikah. Namun, pengaruh gangguan ingatan membuat rencana tersebut gagal.

Katsuwo melanggar Undang-Undang Keimigrasian karena melewati izin tinggal yang diberikan (over stay) hingga akhirnya tertangkap oleh pihak Imigrasi Depok sebelum kemudian dititipkan ke Rumah Detensi Kalideres.

Sakit keras yang dideritanya membuat pria kelahiran 18 Juni 1930 ini akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di balik jeruji. Kapolsek Kalideres, Jakarta Barat, Komisaris Polisi (Kompol) Hasbullah seperti dilaporkan kantor berita ANTARA membenarkan bahwa korban meninggal dunia karena sakit.
ONO
Sumber : Ant

Leave a comment